JOHNnewspaper.blogspot.com
alt/text gambar
alt/text gambar

Minggu, 02 Oktober 2011

10 Boy Band Terpopuler Di Dunia

Boy band mulai mengemuka di awal tahun 90-an dengan pionirnya New Kid On The Block (NKOTB), tak heran apa bila Boy band ini aku tongkrongin di puncak sebagai Boy band terpopuler, disusul oleh Boy band dengan penjualan album terlaris Back Street Boys berada di posisi Runer Up. Di tempat ketiga ada West Life dan menyusul di tempat keempat Adalah boyzone, sementara di posisi kelima ditempati oleh Take That.
Berikut ini selengkapnya 10 Boy Band terpopuler Di Dunia:

1. New Kid On The Block (NKOTB) - USA


New Kid On The Block

New Kids on the Block atau yang biasa disingkat NKOTB adalah sebuah boy band asal Amerika yang beranggotakan enam orang diawal tahun 1980-an. Diawali oleh Maurice Starr dan rekannya Mary Alfordyang menggelar audisi di Boston yang diikuti oleh hampir lima ratus remaja laki-laki. Dari audisi tersebut terpilihlah Donnie Wahlberg, Danny Wood, Joey McIntyre, Jordan Knight dan Jonathan Knight.

Nama-nama yang telah terpilih kemudian disatukan dalam grub bernama New Kids on the Blocks. Sedangkan Maurice Starr sendiri hanya berperan sebagai produser band tersebut. Selanjutnya, ketika Maurice Starr tidak lagi menjadi produser, New Kids on the Blocks melegalkan namanya menjadi singkatan NKOTB.

DISKOGRAFI
1986: NEW KIDS ON THE BLOCK
1988: HANGIN' TOUGH
1989: MERRY, MERRY CHRISTMAS
1990: STEP BY STEP
1991: NO MORE GAMES/THE REMIX ALBUM
1994: FACE THE MUSIC
2008: THE BLOCK

Bersama Backstreet Boys
2011: NKOTBSB

2. Back Street Boys - USA


Backstreet Boys

Backstreet Boys atau biasa disingkat BSB adalah salah satu kelompok musik bergenre pop yang beranggotakan Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, A.J. McLean danKevin Richardson yang telah keluar dari grup tersebut sejak 23 June 2006.

Puncak kesuksesannya dialami antara 1990-2000, di mana lagu-lagunya banyak mewarnai tangga lagu dunia, termasuk berhasil terpampang dalam daftar Billboard Hot 100.

Album mereka di antaranya, Backstreet Boys, Backstreet's Back, Millennium, Black & Blue, The Hits: Chapter One dan Never Gone. Sementara single populer mereka di antaranya Anywhere For You, I Want It That Way, Larger Than Life, Shape of My Heart, Just Want You To Know, dan lain-lain.

3. West Life - Irlandia


Westlife

Westlife adalah sebuah grup musik dari Irlandia yang beranggotakan Shane Filan, Kian Egan, Nicky Byrne, dan Mark Feehily. Satu anggota lainnya, Bryan McFadden, keluar pada 9 Maret 2004 agar dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk kehidupan keluarganya dengan mantan anggota Atomic Kitten, Kerry Katona, meski mereka kemudian berpisah dan dia mengganti ejaan nama depannya menjadi 'Brian'.

Boy band ini terbukti sukses di Irlandia dan Britania Raya, dengan keberhasilannya mencetak 13 single nomor satu antara tahun 1999 dan 2005, antara lain:

* "Swear It Again" (1999)
* "If I Let You Go" (1999)
* "Flying Without Wings", dengan BoA (dimuat di lagu tema film Pokémon 2000) (1999)
* "I Have A Dream"/"Seasons In The Sun" (cover dari ABBA dan Terry Jacks) (1999)
* "Fool Again" (2000)
* "Against All Odds (Take A Look At Me Now)" (duet dengan Mariah Carey) (cover dari Phil Collins) (2000)
* "My Love" (2000)
* "Uptown Girl" (cover dari Billy Joel) (2001)
* "Queen Of My Heart" (2001)
* "World of Our Own" (2002)
* "Unbreakable" (2002)
* "Mandy" (cover dari Barry Manilow) (2003)
* "You Raise Me Up" (2005)

Tidak semua single yang mereka buat mencapai peringkat pertama di tangga lagu Britania Raya:

* "What Makes a Man" (2000) #2
* "Bop Bop Baby" (2002) #5
* "Tonight/Miss You Nights" (2003) #3
* "Hey Whatever" (2003) #4
* "Obvious" (2004) #3

4. Boyzone - Irlandia


Boyzone

Boyzone adalah grup vokal pop Irlandia yang terdiri dari Ronan Keating, Mikey Graham,Keith Duffy dan Shane Lynch. Mereka terbentuk pada tahun 2007. Mereka mendapat kesempatan tampil bersama pada tahun 1993 atas rekomendasi Louis Walsh yang juga dikenal untuk sebagai manajer Johnny Logan dan Westlife. Sejak saat itu mereka aktif meluncurkan berbagai album yang reputasinya cukup sukses. Mereka sempat mencapai puncak karir dan menjadi artis paling laris pada tahun 2001-2006.

Pada tahun 2000, para anggota Boyzone memulai karir masing-masing. Keatingkhususnya, tetap berjalan di industri musik sambil terus menulis dan mengelola band lain. Gately juga meneruskan karirnya sebagai artis solo, sembari tampil di sejumlah panggung musikal West End, dan Duffy memiliki beberapa sukses sebagai seorang aktor (termasuk peran dalam TV Coronation Street).

Pada tahun 2009 mereka bermain lebih baik dalam Boyzone Tour. Tour tersebut merupakan tur terakhir untuk Gately. Pada tanggal 10 Oktober 2009, Gately meninggal saat liburan di Mallorca bersama temannya Andreas Cowles. Pada tanggal 13 Oktober 2009, dilaporkan bahwa Gately meninggal sebagai akibat dari edema paru, atau cairan di paru-paru.

Boyzone awalnya akan merilis album baru pada pertengahan 2010, namun akhirnya album ini dirilis pada Maret 2010. Album ini dirilis sebagai penghormatan kepada Gately, dan didalamnya juga berisi dua lagu baru yang dinyanyikan oleh Gately sebelum kematiannya. Boyzone harusnya memiliki album yang dirilis akhir tahun 2010, namun karena Ronan Keating mengalami masalah pribadi, rilis album dibatalkan.

5. Take That - UK


Take That

Take That adalah boy-band asal Inggris yang dibentuk oleh Nigel Martin Smith di Manchester tahun 1990. Take That terdiri dari Mark Owen, Jason Orange, Howard Donald, Gary Barlow, dan Robbie Williams.

Take That telah menjual lebih dari 25 juta kopi menempatkan mereka di bawah The Beatles dalam penjualan terbanyak seantero Inggris.

Single pertama mereka, It Only Takes a Minute, mampu nangkring #7 UK charts. Kesuksesan itu diikuti pula oleh single-single berikutnya, A Million Love Songs, dan I Found Heaven. Single tersebut ada dalam album pertama mereka, TAKE THAT AND PARTY dirilis tahun 1992.

Album kedua dan ketiga mereka, EVERYTHING CHANGES (1993) dan NO BODY ELSE(1995), sukses dengan menduduki puncak UK charts. Single-single dalam album tersebut antara lain, Everything Changes, Love Ain't Here Anymore, dan Back for Good.

Robbie Williams meninggalkan grup tersebut tahun 1996 dan memilih bersolo karir. Selain Robbie, 4 anggota lainnya juga mempunyai karir solo.

Tahun 2006, grup ini memutuskan untuk reuni dengan melakukan tur 'The Ultimate Tour 2006' dan meluncurkan album BEAUTIFUL WORLD. Album ini terjual lebih dari 1,3 juta kopi dan menjadi album dengan penjualan terbanyak sepanjang karir Take That.

6. Nsync - USA


Nsync

'N Sync (atau *NSYNC) adalah boy band dari Orlando, Florida, Amerika Serikat yang beranggotakan Lance Bass, JC Chasez, Joey Fatone,Chris Kirkpatrick, dan Justin Timberlake. Nama mereka adalah singkatan huruf terakhir nama depan mereka: Justin, Chris, Joey, Lansten, dan JC.

‘N Sync terbentuk pada tahun 1995 dan merilis album perdana di Jerman oleh label rekaman BMG Ariola Munich. ‘N Sync merupakan salah satu boy band dengan penjualan album tertinggi ketiga sepanjang masa (setelah Backstreet Boys dan New Kids On The Block). Setelah sempat berseteru dengan mantan manajer mereka Lou Pearlman dari label rekaman Sony BMG, album kedua group ini berjudul "No Strings Attached" terjual 1.100.000 kopi dalam satu hari dan 2,4 juta kopi dalam satu minggu, menjadi minggu pertama dengan penjualan album tertinggi yang pernah terjadi di AS dan peringkat 5 di seluruh dunia. Selain sejumlah nominasi Grammy, ‘N Sync juga pernah tampil di Academy Awards, World Series, Super Bowl dan Olimpiade, serta berkolaborasi atau rekaman dengan artis-artis lainya seperti Mandy Moore, Aerosmith, Mary J Blige, Britney Spears, Nelly, Michael Jackson, The Jackson Five, Stevie Wonder, Celine Dion, dan Gloria Estefan. Group ini juga muncul merepresentasikan diri mereka sendiri dalam The Simpsons, untuk sebuah episode berjudul ” New Kids On The Blecch” yang disiarkan pada tanggal 25 Februari 2001. Sepanjang tahun 2000-an, ‘N Sync tercatat sebagai salah satu group dengan penjualan tertinggi pertunjukan musiknya dan telah menjadi salah satu boy band yang paling terkenal yang penah ada.

Ketika ‘N Sync mengumumkan hiatus “sementara” pada musim semi 2002, sejak saat itu band ini tidak lagi rekamanan dengan materi-materi baru. Situs resmi mereka ditutup pada musim panas 2006, dan pada tahun 2007, ada sebuah rumor di mana Lance Bass membenarkan bahwa group ini udah “pasti bubar”. Pada Maret 2010 website tersebut diluncurkan kembali untuk fans-nya dimana kita bisa meng-update info-info seputar berbagai project anggota boy band ini, ‘N Sync.

7. Blue - UK


Blue

Blue adalah band musik yang beranggotakan Simon Webbe, Lee Ryan, Duncan James, dan Antony Costa. Band ini merilis single perdana mereka ALL RISE pada Mei 2001 dan mencapai urutan 4 di chart single Inggris. Single kedua Blue, Too Close, dirilis pada bulan Agustus dan berhasil menduduki posisi pertama dalam chart yang sama. Kesuksesan tersebut kembali terulang single berikutnya yang dirilis bulan November, yaitu If You Come Back dari album ALL RISE. ALL RISE yang dirilis pada bulan Desember 2001 meraih kesuksesan dan terjual sekitar 1,8 juta copy di Inggris. Bluemenduduki peringkat enam pada bulan Maret 2002 dengan single keempat mereka, Fly By II yang merupakan remix lagu album Fly By.

Album kedua dirilis pada tahun 2002. Album ini masuk di nomor 1 di Inggris selama satu minggu. Tiga single yang dirilis dari album ONE LOVE berlangganan masuk chart Inggris selama beberapa minggu. Album ketiga diluncurkan pada musim gugur tahun 2003. Single berikutnya yaitu Signed, Sealed, Delivered, I'm Yours (dinyanyikan dengan Stevie Wonder dan Angie Stone) meraih peringkat 11 di Inggris, Breathe Easy (peringkat 4), danBubblin (peringkat 9 ). Album ketiga ini terjual lebih dari satu juta copy.

Perpecahan band ini terjadi setelah Elton John menyatakan bahwa popularitas mereka menurun sehingga menyarankan agar mereka bersolo karir. Namun di akhir perpecahan mereka sempat merilis album kompilasi. Kompilasi album terbaik Blue dirilis pada 2004. April 2009, ternyata band ini telah direformasi dan tengah menggarap materi baru, di bawah kemitraan dengan Innocent Records dan EMI Music.

8. Boys 2 Men - USA


Boys 2 Men

Boyz II Men adalah sebuah grup band R&B asal Philadelphia, Pennsylvania yang berdiri pada 1988. Semula grup ini adalah sebuah kumpulan persahabatan anak muda yang menempuh pendidikan di Philadelphia High School. Mereka semula terdiri atas Nathan Morris dan Marc Nelson, kemudian merekrut mereka yang bersuara tenors yaitu Shawn Stockman, Wanya Morris dan suara bass, Michael McCary.

Dalam perjalanan Marc Nelson menggundurkan diri setelah terlibat konflik pada awal-awal mereka menyiapkan rekaman.

Album pertama Boyz II Men berjudul Cooleyhighharmony (1991), kemudian menyusul singlenya berjudul Motownphilly dan It's So Hard to Say Goodbye to Yesterday. Lewat dua single tersebut mengantarkan mereka meraih Grammy Award for Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals.

Pada 1992 mereka kembali merilis single, End of the Road, yang juga digunakan sebagai sountrack film Eddie Murphy, BOOMERANG. Single ini pun mendapat sambutan hangat penggemarnya, hingga masuk peringkat pertama dalam Billboard Hot 100 selama tigabelas kali.

Kesuksesan mereka semakin melejit dengan album-album besar mereka, di antaranya,II (1994), 1995: Collaborations (1995, melibatkan Mariah Carey), Evolution (1997) danFull Circle (2002).

Dalam perjalanannya pada 2003, Michael McCary, slah seorang personelnya meninggalkan group tersebut, hingga kini mereka tinggal tiga orang.

9. Five - USA


Five

Five (juga dikenal sebagai 5ive) itu merupakan boyband Inggris disatukan pada tahun 1997 oleh tim yang sama yang berhasil Spice Girls sebelum mereka meluncurkan karir mereka. Kelima anggota Scott Robinson, Ritchie Neville, J Brown, Abs Breen dan Sean Conlon. Ditandatangani oleh Simon Cowell, mereka adalah band diproduksi dan mengadakan beberapa putaran audisi di London, pada tahun 1997. audisi menghasilkan casting sementara dari 7 anggota dengan 2 Petrus anggota siaga Montpellier dan Paul Taylor yang kemudian dipotong ketika 5 akhir dipilih adalah September. Band ini menikmati sukses besar di seluruh dunia, terutama di Inggris, sebagian besar Eropa dan Asia, Rusia, Brasil, Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Mereka berpisah pada tanggal 27 September 2001, setelah menjual hampir 7 juta rekaman, dan memiliki 11 single sepuluh dan empat sepuluh album di Inggris. Empat dari lima anggota asli, Robinson, Breen, Neville dan Brown sebentar direformasi kelompok tanpa Conlon pada bulan September 2006, dengan tim manajemen baru yang dipimpin oleh manajer musik Richard Beck.


10. A1 - Denmark.


A1

A1 dibentuk oleh Tim Byrne dan Vicky Blood di tahun 1998 beranggotakan 4 anak muda yang jago nyanyi, punya tampang cute, dan juga enerjik. Mark Read, Ben Adams, dan Paul Marazzi dari Inggris digabung bersama Christian Ingebrigsten dari Norwegia, dikontrak oleh Columbia Records untuk merilis karya musik mereka sehingga bisa dinikmati oleh penggemar musik secara luas. Tim Byrne adalah orang yang sebelumnya sukses membentuk grup vokal bergenre bubblegum pop Steps, maka besar harapan kalau anak asuhnya ini juga bisa mengecap kesuksesan serupa. Benar saja, kemunculan mereka pertama kali disambut baik oleh penikmat musik di Inggris. Single pertama mereka yang dirilis di pertengahan tahun 1999 ‘Be The First To Believe’ masuk ke 10 besar UK Singles Chart. Penampilan chart mereka membaik dari setiap perilisan single. ‘Summertime Of Our Lives’ peak di posisi 5 dan ‘Ready Or Not’ di posisi 3. Album pertama mereka “Here We Come” pun laris manis. Di Inggris saja, album ini terjual mendekati angka satu juta kopi, sehingga diganjar sertifikat emas. Single lain dari album ini adalah ‘Like A Rose’ yang memiliki tempo berbeda dari single-single sebelumnya. Lagu yang mengisahkan tentang kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa ini juga masuk dalam Top 10 UK Singles Chart. Jadi, setiap single yang dihasilkan A1 di album pertama mereka merupakan Top 10 material. Daya saing yang kuat untuk pendatang baru. Untuk album pertamanya ini, Mark, Ben, Christian, dan Paul terlibat langsung dalam pengerjaan 10 dari 12 lagu yang ada, sekaligus memproduserinya, dibantu oleh Peter Cunnah juga. Boyband ini enggak bisa dipandang sebelah mata, they performed their own music! Awesome!


Di lihat dari Chart di atas maka Boy band-Boy band asal Amerika Serikat dan Britania Raya begitu dominan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

alt/text gambar
alt/text gambar

Artikel Lain